Senin, 07 Oktober 2013

MENU HARI INI: SOP PATIN GARANG ASEM



Hari ini aku ingin memperkenalkan makanan kesukaan kami berdua, Sop Patin Garang Asem. Resep aku dapat dari ibu ku yang jago sekali dalam memasak apa saja. Sebenarnya aku tidak bisa memasak sama sekali. Sebelum menikah, aku sudah mengatakan pada calon suami ku, mas wahyu & calon ibu mertua. Tapi katanya tidak apa-apa, karena seiring berjalannya waktu, pasti aku bisa belajar  memasak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- Ikan Patin 3 bungkus (1 bungkus harganya Rp6.000,-)
- Bumbu dapur Rp1.000,- (sebenarnya aku jarang menggunakan bumbu dapur, tapi untuk memasak sop ini, tanpa bumbu dapur akan terasa hambar sekali. Bumbu dapur sudah termasuk semua, serai, daun salam, kunyit, ketumbar & jahe).
-  Kemangi Rp1.500,-
-  Bumbu racik sayur asem Rp1.500,-
-  Bawang merah & bawang putih (karena dirumah sudah ada, jadi tidak perlu membelinya lagi).
-   Cabai merah Rp1.000,- (lumayan dapat banyak).

Proses Memasak:
-  Bersihkan ikan patin, termasuk lemak yang menempel ditengah  badan ikan. Rendam sebentar dengan jeruk nipis, lalu dicuci kembali.
- Siangi bumbu dapur (daun salam, serai, kunyit, ketumbar, jahe, bawang merah 6 siung, bawang putih 1 siung, & cabai merah 3 biji), kemudian cuci bersih.
-  Siangi kemangi (ambil daunnya saja, buang batangnya), cuci bersih & tiriskan.
-  Bumbu dapur di keprek (pakai ulekan saja, jangan terlalu keras, yang penting sudah agak sedikit gepeng).
- Ulek cabai merah, bawang merah & bawang putih, sampai halus, termasuk biji cabainya, karena suami bilang kalau tidak halus akan menyebabkan usus buntu.
-  Panaskan air hingga mendidih. Jangan terlalu penuh, dikira-kira saja.
- Kecilkan api, masukkan bumbu ulek & bumbu dapur yang sudah di keprek. Tunggu hingga mendidih.
-  Masukkan ikan patin & kemangi.
-  Masukkan ½ bumbu racik, jangan semuanya, 2 ½ sendok kecil garam, tanpa gula.
-  Aduk hingga rata. Tunggu mendidih.
-   Sajikan.

Tips:
- Lebih baik, sop dipisah dengan nasi, karena rasa sop akan lebih terasa & juga segar.





1 komentar:

  1. cara beli cash pke pulsa gmn ya kak??
    btw add ava aku nama nya ✿ʝiɦѳ✿

    BalasHapus