Minggu, 28 September 2014

Perjalanan Malaikat Kecil Kami




Bulan Pertama
          Dimulai dari haid terakhir ku tanggal 29 April 2014. Tibalah bulan mei, “Kenapa belum haid juga?” pikir ku saat itu, karena sudah melewati tanggal 29 Mei. Tanggal 3 Juni hari selasa, aku memberanikan diri untuk test pack, hasil samar! Aku sudah merasa senang. Tapi masih belum yakin. Tanggal 7 Juni hari sabtu, aku mencoba test pack ulang. Hasil 2 garis jelas! Aku sangat bahagia, karena ini penantian kami selama 5 tahun! Kalo kamu punya waktu sebentar, mampir yuk baca blog ku di http://ayumi-chantiq.blogspot.com disana aku ceritain gimana usaha kami berdua untuk mendapatkan ANAK. Kami pergi ke bidan dekat rumah & bidan memberikan afolat/asam folat untuk 1 bulan. Diminta datang lagi 2 minggu kemudian, karena usia kehamilan ku termasuk masih kecil & belum bisa dilihat dari USG. Saat itu usia kehamilan ku dihitung 5 mingguan. Kami masih merasa khawatir, semoga hasil USG nanti memuaskan.
Gejala yang aku rasakan: Minum air putih terasa hambar, bangun tidur tangan jadi kram/kesemutan, bangun tidur kaki di bagian tumit terasa sakit saat berjalan, gampang ngantuk, telapak kaki terasa dingin & buang ludah melulu. Berat badan ku sebelum hamil: 53 kg, trus waktu ke bidan ditimbang naik jadi 54 kg. Tenggorokan rasa haus melulu, kepengen yang seger”, dibeliin sop buah sama ayah, Makasih ya sayang... Mertua & ibu ku melarang untuk keluar malam untuk menghindari kejadian yang ngga’ diinginkan. Karena anak ini udah lama kami tunggu & nantikan, kami ngga’ ingin kehilangannya. Jadi, aku menuruti apa kata orangtua. Biasanya aku selalu ikut pengajian malam jum’at, tapi mulai sekarang di stop dulu demi dede. Harus sabar menunggu hingga dede lahir. Trus aku juga stop pake obat jerawat & body lotion. Alhamdulillah muka ngga’ begitu bermasalah. Ada 1-2 muncul, tapi ngga’ lama ilang. Untuk pengganti body lotion, aku pake minyak zaitun/baby oil. Trus aku mencoba membiasakan tidur miring ke kiri supaya dede dapat banyak oksigen. Punggung diganjel guling/bantal supaya tetap di kiri.





Bulan Kedua
          Tanggal 25 Juni, kami berencana pergi ke RS.Hermina untuk bertemu dengan Dr.Nelwati spog. Sebelumnya kami sudah mendaftar lewat telepon untuk bisa konsultasi+USG dengan beliau. Tibalah giliran kami. Aku bicara dengan anak dalam kandungan ku didalam hati, ”De..jangan ngumpet ya, semoga kamu keliatan di USG”. Alhamdulillah hasil USG memuaskan. Usia kandungan ku 7 minggu 5 hari dengan panjang dari kepala sampai bokong (CRL) 1,41 cm. Sebelum USG, aku minum air putih supaya janin terlihat jelas. Kami sangat menyukai Dr.Nel. Beliau sangat baik & selalu menjawab setiap pertanyaan kami. Tidak lupa dia mengucapkan selamat untuk kami, yang telah menunggu selama 5 tahun untuk mendapatkan anak. Bulan depan jadwal kami selanjutnya tanggal 23 Juli. Mungkin ini adalah kado terindah dari Allah buat kami. Bulan 1 April kemarin, pas tanggal pernikahan kami yang ke-5. Ulangtahun ku tanggal 23  April & ulangtahun ayah tanggal 27 Mei. “Subhanallah.. Alhamdulillah.. Terimakasih Ya Allah” tak henti-hentinya kami mengucap syukur padaMu, Ya Allah.
Gejala yang aku rasakan: Masih sama dengan gejala awal hamil bulan kemarin, hanya aja ditambah mual kalo aku salah/kebanyakan makan, sering BAK, ketiak nyeri, payudara membesar+nyeri & kepala sering pusing. Berat badan waktu ditimbang jadi 54,10 kg. Resep yang aku dapat Duphaston (penguat kandungan) & Folavit (asam folat). Perubahan pada perut: perut dibawah pusar jadi membesar.



Bulan Ketiga
          Gejala yang aku alami saat memasuki usia 3 bulan kehamilan: Mual, pusing, meriang, malas makan, malas masak (Alhamdulillah rumah dekat mertua, jadi dikirimin makanan tiap hari) & tidur melulu (pagi, siang, setelah isya & malam hari hehe..). Aku ngidam Sup Tom Yam, tapi ayah ngga’ ijinin, karena dia takut banyak kandungan MSGnya. Alhasil, kepikiran hampir tiap hari, akhirnya dapat permen Tamarin yang rasanya asam. Lumayan buat ngilangin rasa ngidam. 1 hari sebelum berangkat ke rumah sakit, ayah beliin Sup Tom Yam dari d’Cost. Akhirnya..setelah makan, aku udah ngga’ kepikiran lagi deh.
Saat USG, dede udah keliatan, seperti manusia kecil. Ayah juga mem-video-kannya, lucu banget karena dede udah gerak-gerak. Usia janin 11 minggu 5 hari dengan panjang 4,96cm. Jadwal kunjungan berikutnya tanggal 20 Agustus. Berat badan turun jadi 52,40 kg. Mungkin karena mual, aku jadi makan sedikit. Tapi aku selalu memaksa makan sedikit, supaya bisa minum obat dari dokter lho. Pernah muntah sekali, gara-gara minum obat tanpa makan nasi. Alhasil, obat keluar lagi deh. Resep yang aku dapat sekarang: Folamil Genio & Cavit-D3. Perubahan pada perut: perut diatas pusar sudah membesar.



Bulan Keempat
          Ketemu Dr.Nel lagi di hari rabu, ditemani suami tercinta. USG dede lagi. Sekarang dede udah berusia 16w 2d. Berat badan dede 145 gram. Semuanya  normal..Alhamdulillah. Obat bulan ini masih sama seperti bulan lalu: Folamil Genio, Cavit-D3 & ditambah Nulacta Cap (minyak ikan) karena aku masih mual & ngga’ bisa makan ikan. Bisa sih, tapi ikan yang di sayur/di sambal bukan goreng. Trus diminta tes lab (ambil darah) & urine, hasil bisa diambil seminggu kemudian/pas bulan depan saat balik chekup. Bulan depan balik lagi tanggal 17 September. Berat badan ku tambah turun jadi  51,4 kg.
Yang aku rasakan sekarang: Di mulut terasa aneh, kaya’ ada benda logam kalo malam hari. Makanya males minum, karena akan jadi hambar (tapi malam hari aja, pagi & siang udah biasa aja). Walopun udah makan coklat & es krim yang manis, terakhir selesai yang dirasa pasti pahit, sakit punggung (mungkin gara-gara aku malas minum itu), sembelit/susah BAB. Biasanya sehari sekali BAB, sekarang 2/3 hari sekali, dada bagian putingnya sebelah kiri nyeri banget saat bangun tidur, ketiak menghitam (ngga’ apa-apa setelah dede lahir, akan ilang sendiri), baju-baju udah ngga’ muat lagi (harus pake yang kendor karena perut berasa cepat begah), jadi melow banget alias gampang mewek. Film kartun/drama/berita di tivi yang ceritanya sedih bisa bikin nangis & aku juga sering BAK waktu malam hari. Sekarang aku siasati sebelum tidur, jangan minum terlalu banyak/jam 22.00 stop makan & minum untuk menghindari BAK itu.



Bulan Kelima
          Yeiyyy..sudah melewati 4 bulan, berharap mual ku hilang & aku bisa makan dengan lahap. Tapi bener loh, biasanya aku cuma makan 1 centong nasi, sekarang bisa 2..hehe Alhamdulillah ada peningkatan. Qu jadi malas mandi, ngga’ males sih, setiap abis mandi aku pasti menggigil kedinginan. Aku mikirin dede, nti dia juga jadi menggigil, jadi aku mandi 1 hari 1 kali..haha kaya’ minum obat dokter aja. Tapi sekarang, aku biasain mandi pagi tapi air ngga’ langsung ke badan, tapi di ciprat-ciprat dulu biar ngga’ kedinginan, Alhamdulillah udah ngga’ menggigil lagi deh, bisa 2 kali 1 hari. O iya tanggal 28 Agustus, pas malam jum’at ibu ku ngadain 4 bulan-an, pas usia dede 17w 4d, buat doain aku & dede semoga diberikan kelancaran & kemudahan dalam persalinan nanti. Aku udah pisah rumah dengan ibu, rumah ku di citayam, ibu ku di cimanggis kelapa dua. Sebenarnya, kami ngga’ ada rencana buat ngadain selametan, tapi karena ini dari ibu, kami menerimanya..Alhamdulillah. Trus udah berasa kedutan dari dede, ngga’ tau ini dari dede atau perut ku aja yang keroncongan..hehe. Tulang ekor ku terasa sakit juga, apa kelamaan duduk ya? Pergelangan kaki sering kram, klo lagi kambuh telapak kaki dua-duanya aku tekuk ke arah dengkul, lumayan ngilangin sakit kram. Jadi pelupa, apa yang udah aku bilang/mau aku kerjain, lupa gitu aja. Aku juga jadi ceroboh, lagi jalan tiba-tiba aja nabrak meja/rak piring, dll. Kram perut kaya’ mau haid, tapi ngga’ lama ilang. Balik ke RS.Hermina tanggal 10 September, batal tanggal 17 nya karena suami ada acara di kantor. Sehari sebelum keberangkatan, aku keluar flek karena kecapean habis jalan ke mal. Aku ngga’ sabaran kepengen jalan-jalan aja, tapi ternyata pulang dari jalan perut terasa kram & badan jadi pegal. Alhamdulillah ngga’ keluar banyak, hanya sedikit aja.
Berat badan ku masih belum ada perubahan, hanya 51,5 kg. Aku cuma berpikir berat badan ngga’ apa-apa ngga’ naik banyak, yang penting berat badan dede normal sesuai usianya. Tensi ku turun, jadi 90/60. Waktu ku tanyakan ke Dr. Nel, katanya malah bagus ngga terlalu tinggi. Karena ditakutkan jadi pre-eklampsia. Hari ini usia dede 19w 3d, semuanya normal. Ketuban, plasenta, semuanya bagus. Berat dede sekarang 288 gram. Jenis kelamin dede diperkirakan cowok, tapi belum pasti karena dede menyembunyikan dengan kakinya. Hasil lab ku juga Alhamdulillah baik. Hm...ngga’ sabar untuk balik checkup berikutnya tanggal 15 Oktober. Obat masih sama seperti bulan lalu: Folamil Genio, Cavit-D3 & Nulacta Cap.


      Ngga' terasa tinggal 4 bulan lagi malaikat kecil kami akan hadir ke dunia. Ditunggu lanjutannya nanti ya...

18 komentar:

  1. Alhamdulillah udah lahir. Tanggal 6 februari 2015. Aku share lanjutannya lagi kok..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah.. Barakallah mbaa.. Seneng dan terharu bacanya.. Semoga aku segera diberikan buah hati juga ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinn.. tetap ber husnudzon ya mba. Semangat ya

      Hapus
  3. Alhamdulilllah smoga lancar terus sampai proses persalinan, dan mdh2n segera menukar ke saya amienn. Mbak kalau blh tau alamat p tarma dmn ya mba krna saya dan suami jg sdg usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mba cek disini http://ayumi-chantiq.blogspot.com/ udah saya tulis semua. Deket jagakarsa mba. Alhamdulillah lancar persalinannya. Sekarang anak udah 1thn lebih

      Hapus
  4. Trharu mmbacax Al-hamduulillah sdh berhasil,,,doain jg ia sy mau cpt punya ank jg usia pernikahan sdh 5bln n smga program madu penyubur kandungan berhasil kyk mba x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Tetap semangat n tetap positif thinking kalo mba bisa punya anak. Semangat ya mba

      Hapus
  5. Senangnya baca tulisan mbaknya, biki merinding subhanallah keajaiban Allah luar biasa. Saya juga hampir sama dengan mbak, sudah 3thn lebih belum hamil2 juga sedih 😭 saya dan suami berusaha dan percaya kalau keajaiban itu akan tiba. Bismillah semoga bulan ini dan tahun ini saya bisa hamil seperti mbak, bantu doanya ya 😢😇 amin 🙏🙏

    BalasHapus
  6. Senangnya baca tulisan mbaknya, biki merinding subhanallah keajaiban Allah luar biasa. Saya juga hampir sama dengan mbak, sudah 3thn lebih belum hamil2 juga sedih 😭 saya dan suami berusaha dan percaya kalau keajaiban itu akan tiba. Bismillah semoga bulan ini dan tahun ini saya bisa hamil seperti mbak, bantu doanya ya 😢😇 amin 🙏🙏

    BalasHapus
  7. Amin.. pasti mba. Tetap semangat n posiyif thinking ya. Allah pasti tau saat yg tepat untuk mba dapetin anak

    BalasHapus
  8. Amin.. pasti mba. Tetap semangat n posiyif thinking ya. Allah pasti tau saat yg tepat untuk mba dapetin anak

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah
    Terharu saya membaca perjuangan mbak untuk mendapatkan permata hati
    Saya juga lagi program hamil mbak
    Setiap kali lihat orang hamil, saya hanya bisa kagum dan berdoa, kapan ya aku seperti mereka?
    Saya menikah sudah 17 bulan. Usia suami 43 dan saya 42.
    Hasil USG normal. Haid juga lancar. Hanya saja bulan ini saya telat 2 minggu. Terus haid datang sampai sekarang sudah 20 hari. Tapi keluar hanya sedikit flek. Kata teman kerja disuruh TP. Hasilnya negatif. Yang saya rasakan selama haid terakhir punggung rasanya sakit dan cepat capek. Setiap selesai terima gaji saya kasihkan adik dari murid saya yang usianya 2 tahun.
    Anaknya yatim. Tiap memberi saya niat shodaqoh menjemput irfan. Nama yang sudah diberikan ponakanku yang sekarang TK nol besar.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah
    Terharu saya membaca perjuangan mbak untuk mendapatkan permata hati
    Saya juga lagi program hamil mbak
    Setiap kali lihat orang hamil, saya hanya bisa kagum dan berdoa, kapan ya aku seperti mereka?
    Saya menikah sudah 17 bulan. Usia suami 43 dan saya 42.
    Hasil USG normal. Haid juga lancar. Hanya saja bulan ini saya telat 2 minggu. Terus haid datang sampai sekarang sudah 20 hari. Tapi keluar hanya sedikit flek. Kata teman kerja disuruh TP. Hasilnya negatif. Yang saya rasakan selama haid terakhir punggung rasanya sakit dan cepat capek. Setiap selesai terima gaji saya kasihkan adik dari murid saya yang usianya 2 tahun.
    Anaknya yatim. Tiap memberi saya niat shodaqoh menjemput irfan. Nama yang sudah diberikan ponakanku yang sekarang TK nol besar.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah
    Terharu saya membaca perjuangan mbak untuk mendapatkan permata hati
    Saya juga lagi program hamil mbak
    Setiap kali lihat orang hamil, saya hanya bisa kagum dan berdoa, kapan ya aku seperti mereka?
    Saya menikah sudah 17 bulan. Usia suami 43 dan saya 42.
    Hasil USG normal. Haid juga lancar. Hanya saja bulan ini saya telat 2 minggu. Terus haid datang sampai sekarang sudah 20 hari. Tapi keluar hanya sedikit flek. Kata teman kerja disuruh TP. Hasilnya negatif. Yang saya rasakan selama haid terakhir punggung rasanya sakit dan cepat capek. Setiap selesai terima gaji saya kasihkan adik dari murid saya yang usianya 2 tahun.
    Anaknya yatim. Tiap memberi saya niat shodaqoh menjemput irfan. Nama yang sudah diberikan ponakanku yang sekarang TK nol besar.

    BalasHapus
  12. Subhanaallah. Sungguh terharu dgr cerita nya.. Aku dah nikah 3thn tpi blm dikasih momongan.. Muda2han aku cpet dikasih kepercayaan.aminn

    BalasHapus
  13. Subhanaallah. Sungguh terharu dgr cerita nya.. Aku dah nikah 3thn tpi blm dikasih momongan.. Muda2han aku cpet dikasih kepercayaan.aminn

    BalasHapus
  14. Semoga saya bisa seperti mba... Segera dikash kepercayaan sama Allah memiliki momongan amin ya Allah. Saya sudah satu tahun menikah. Kebetulan sy ada riwayat kista. SMG keajaiban Allah datang ya Allah

    BalasHapus